Kamis, 16 Februari 2012

Contoh Rencana Relaksanaan Pembelajaran (RPP) Senam


RENCAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA                                      :  SMA Negeri 1 Batu
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semster                        :  XII/Ganjil
Standar Kompetensi             :  Mempraktikan senam dasar dengan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Kompetensi Dasar                 : Mempraktikan senam dasar dalam bentuk latihan meroda, serta nilai disiplin, keberanian, dan tanggung jawab.
Indikator                                :
                                                Psikomotor :
·         Dapat melakukan sikap gerak meroda dengan baik.
Kognitif :
·         Mengatahui teknik dasar sikap gerak meroda dan cara melakukannya.
Afektif :
·         Dapat bekerjasama dengan teman, saling menghargai, dapat berbagi tempat dan bertanggung jawab terhadap keselamatan.
Alokasi Waktu                       :  2 X 45 menit (satu kali pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran senam :
a.       Sisiwa dapat melakukan senam dasar dengan bentuk latihan meroda dengan baik.
b.      Sisiwa dapat mengetahui bentuk-bentuk latihan meroda yang baik.
c.       Siswa dapat mempraktikan senam dasar dengan bentuk latihan meroda dengan nilai disiplin, keberanian dan tanggung jawab.

B.     Materi Pembelajaran
Tes sikap gerak meroda.
Senam dasar dengan bentuk latihan sikap gerak meroda.

C.    Metode Pembelajar
·         Penugasan
·         Demonstrasi
·         Komando

D.    Media dan Alat
·         Aula atau ruangan
·         Matras senam

E.      Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN PEMBELAJARAN
KETERANAGAN GAMBAR
ALOKASI WAKTU
1.      Keterangan Pendahuluan

15 menit
1.      Siswa di bariskan, berdo’a, presensi, pemberian motifasi kepada siswa serta penjelasan tujuan pembelajaran.
Siswa              Guru
Gambar 1.1

2.      Pemanasan
2.1. Kepala menengadah dengan kedua tangan mendorong dagu ke atas.
DSC05305.JPG
Gambar 1.2

2.2 Kepala menunduk dengan kedua tangan menekan bagian belakang kepala ke bawah.
DSC05306.JPG
Gambar 2.2

2.3 Kepala menoleh ke samping kiri, telapak tangan menekan dagu bagian kanan, kemudian tahan dan sebaliknya ke kiri.
DSC05307.JPG
Gambar 2.3

2.4 Leher dipatahkan ke kanan dengan tarikan jari tangan kanan pada pelipis kiri, tanagn satunya dipinggang, dan kemudian sebaliknya ke kiri.
DSC05308.JPG
Gambar 2.4

2.5 Lengan kanan menyilang lurus ke kiri di depan dada, tangan kiri menekan siku kanan di depan dada hingga terasa tarikan pada otot bahu kanan, dan sebaliknya lengan kiri.
DSC05309.JPG
Gambar 2.5

2.6 Lengan kanan ditekuk di belakang kepala, tangan kiri  menarik siku tangan kanan ke bawah dan sebaliknya.
DSC05310.JPG
Gambar 2.6

2.7 Berdiri tegak, kedua kaki dirapatkan, kedua tangan dikaitkan dan ditarik lurus ke atas dengan kedua kaki jinjit.
DSC05311.JPG
Gambar 2.7

2.8 Berdiri tegak dengan kaki kangkang, badan dibongkokkan dengan togok tetap lurus, tangan dijulurkan lurus ke depan dengan jari tangan saling mengait.
DSC05313.JPG
Gambar 2.8

2.9 Badan membungkuk, kedua kaki kangkang, kedua tangan saling mengait, kedua lengan dijulurkan lurus jauh ke bawah belakang  masuk di antara kedua kaki.
DSC05314.JPG
Gambar 2.9

1.10 Badan membongkok, kedua kaki kangkang,kedua tangan saling mengait kebelakang atas, dan ditarik jauh ke atas.
DSC05315.JPG
Gambar 2.10

2.11 Berdiri tegak, kaki kanan diangkat dan ditekuk, kedua tangan menekan lutut kaki kanan hingga menempel di depan dada, dan sebaliknya.
DSC05316.JPG
Gambar 2.11

2.12 Berdiri tegak, salah satu kaki diangkat dan ditekuk seperti posisi bersila di depan badan kedua tangan memegang pergelangan kaki selanjutnya di tarik ke atas, dan sebaliknya.
DSC05317.JPG
Gambar 2.12

2.13 Dengan sikap kangkang lebar dengan kuda-kuda kaki kiri kedepan sedangkan kaki kiri lurus ke belakang, badan di tekan ke bawah sedangkan tangan di atas lutut, dan sebaliknya.
DSC05319.JPG
Gambar 2.13

3.      Pemanasan  Kalestenik
3.1 Pemanasan dimulai dari tangan. Tangan didepan dada, ditarik kesamping pendek 2X, panjang 2X.
DSC05322.JPG
Gambar 3.1.1
DSC05323.JPG
Gambar 3.1.2

3.2. Tangan kiri lurus keatas, tangan kanan dibawah, bergantian ditarik kebelakang.
DSC05324.JPG
Gambar 3.2

3.3 Tangan kanan di belakang kepala, tangan kiri dibelakang, membentuk huruf ‘S’ dilakukan secara bergantian.
DSC05325.JPG
Gambar 3.3

3.4 Kedua tangan dikaitkan keatas kepala, kaki dibukak selebar bahu, dan badan diliukkan kesamping kiri dan arah sebaliknya.
DSC05312.JPG
Gambar 3.4

3.5 Kedua tangan lurus kedepan, badan diliukkan kesamping kiri dan kanan bergantian, pandangan kearah belakang.
DSC05338.JPG
Gambar 3.5

3.6 Kaki kanan diposisikan agak kedepan, kemudian diangkat. Ujung jari kaki kiri menyentuh ujung jari tangan kanan, dan sebaliknya bergantian.
DSC05326.JPG
Gambar 3.6

4.      Kegiatan Inti

40 menit
4.1  Siswa diperkenalkan sikap gerak meroda. Proses latihan awal, siswa diarahkan untuk  latihan gerak dasar model meroda dengan proses-proses sebagai berikut.
4.1.1        Sikap awalan: Siswa dibariskan berbanjar kebelakang bergiliran melakukan sikap awalan/penghormatan dengan posisi tubuh tegak,pandangan lurus kedepan, satu tangan diangkat keatas dengan posisi telapak tangan rapat menghadap kedepan.





DSC05327.JPG
Gambar 4.1.1

4.1.2        Pelaksanaan: Siswa di beri arahan posisi tumpuan tangan. Posisi tumpuan tangan, salah satu kaki maju satulangkah,mulai dari tangan diangkat keatas, kedua tangan diposisikan berurutan sejajar dengan kaki.
DSC05328.JPG
Gambar 4.1.2.1
DSC05329.JPG
Gambar 4.1.2.2

4.1.3        Siswa diarahkan untuk  latihan gerak dasar model meroda dengan mengangkat salah satu kaki belakang, yang bertujuan untuk melatih mengangkat kaki nanti saat meroda, dan dilakukan secara berulang ulang.

DSC05330.JPG
Gambar 4.1.3.1
DSC05331.JPG
Gambar 4.1.3.2

4.1.4        Siswa mulai belajar melakukan sikap meroda dengan mengankat kedua kaki secara berurutan.
DSC05332.JPG
Gambar 4.1.4

4.1.5 Dan dilanjutkan dengan posisi akhiran. Posisi akhiran diusahakan kaki tetap sejajar sama pada saat posisi awalan , dan keseimbangan badan tetap terjaga.
DSC05338.JPGDSC05341.JPG
Gambar 4.1.5

4.1.6  Penghormatan akhiran, posisi badan tegap, lurus ,pandangan kedepan, dan tangan kanan diankat lurus keatas dengan posisi telapak tangan rapat menghadap kedepan.
DSC05340.JPG
Gambar 4.2.6




4.2        Latihan rangkaian gerak meroda.
Siswa dibariskan, langsung disuruh melakukan semua rangkaian gerakan latihan tersebut diatas secara bergiliran, mulai dari sikap awalan/penghormatan awal, proses penumpuan tangan, mengayunkan kaki keatas sampai meroda, dan terakhir proses akhiran/penghormatan akhir.
DSC05327.JPG    DSC05328.JPG    DSC05329.JPG DSC05332.JPG  DSC05335.JPG  DSC05336.JPG
DSC05337.JPG  DSC05338.JPG  DSC05341.JPG  DSC05340.JPG

5.      Penutup

20menit
5.1 Evaluasi
          -  Tes sikap gerak meroda dengan benar.
Evaluasi dari pembelajaran latihan siakap gerak dasar dasar meroda dilakukan untuk mengetahui kompetensi siswa terhadap materi pokok yang telah diajarkan.
Guru
Siswa
Tempat Tes

5.2  Pendinginan
- Pendinginan dan bernyanyi lagu peregangan otak.
·         Satu orang pergi, pergi potong lalang. Satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·         Satu orang pergi, pergi potong lalang. Dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·         Satu orang pergi, pergi potong lalang. Tiga dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·         Satu orang pergi, pergi potong lalang. Empat tiga dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·         Satu orang pergi, pergi potong lalang. Lima empat tiga dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang
·         Satu orang pergi, pergi potong lalang. Enam lima empat tiga dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang.
·         Satu orang pergi, pergi potong lalang. Tujuh enam lima empat tiga dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang                
·         Satu orang pergi, pergi potong lalang. Delapan tujuh enam lima empat tiga dua satu orang sama kambing pergi, pergi potong lalang.
Guru
Siswa

5.3  Penutupan:
 Salah satu siswa memimpin , siswa dibariskan , berdo’a dan dibubarkan. Sisa waktu dipergunakan untuk ganti pakaian dan untuk persiapan pelajaran selanjutnya.


€€€€€€
€€€€€€
             €€€€€€

         Siswa



F.      Sumber Belajar
·         Ruangan yang luas, datar dan aman.
·         Buku teks.
·         Buku referensi: Tim MGMP Penjasorkes Kota Batu. 2011. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Buku Kerja Siswa). Batu : Tim MGMP Penjasorkes Kota Batu.

G.    Penilaian
Teknik penilaian  :

1.1.






Tes unjuk kerja ( psikomotor ).
Keterangan :
Penilaian tiap komponen tes dilakukan dengan menggunakan pedoman penilaian seperti pada rubrik, kemudian hasil dimasukkan ke dalam rumus berikut ini.
                       Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 50
                       Jumlah skor maksimal

1.2.
Tes pengamatan sikap ( afektif  )
 Keterangan:
Penilaian tiap komponen tes dilakukan dengan menggunakan pedoman penilaian seperti pada rubrik dengan cara mencontreng (√) prilaku sesuai dengan yang diharapkan , kemudian hasil dimasukkan ke dalam rumus berikut ini.
                    Jumlah skor yang diperoleh
Nilai  =  ----------------------------------------- X 30
                      Jumlah skor maksimal


1.3.
Tes pemahaman konsep gerak/ aspek kognitif
Mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terangkum dalam rubrik.
Keterangan :
Penilaian tiap jawaban soal dilakukan dengan menggunakan pedoman penilaian seperti pada rubrik, kemudian hasil dimasukkan ke dalam rumus berikut ini.
                       Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =  ----------------------------------------- X 20
                       Jumlah skor maksimal


- Nilai akhir yang diperoleh siswa =
Nilai tes Psikomotor + Nilai Tes Afektif + Nilai Tes Kognitif

RUBIK PENILAIAN
PSIKOMOTORIK TEKNIK DASAR  LATIHAN MERODA

Aspek yang diamati
Kualitas Gerak
1
2
3
4
1.      Sikap awal, posisi tumpuan tangan, posisi kak awalan. 
2.      Sikap saat melakukan, posisi tangan tumpuan, sikap kaki saat diudara, posisi badan.
3.      Sikap akhiran, posisi tangan, posisi kaki, posisi badan saat akhiran.





Jumlah

Jumlah skor maksimal : 12



RUBIK PENILAIAN
AFEKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN LATIHAN MERODA
PERILAKU YANG DIHARAPKAN
CEK (a)
1.      Menghargai guru dan teman .

2.      Tertib dan disiplin dalam mengikuti pelajaran.

3.      Bersedia berbagi tempat dan alat degan teman.

4.      Bekerja sama dalam satu kelompok.

5.      Bertanggung jawab dengan tugas yang diberikan.

                                  Jumlah 

Jumlah skor maksimal : 5


RUBRIK PENILAIAN
KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN LATIHAN MERODA

ASPEK YANG DINILAI
KUALITAS GERAK
1
2
3
4
5
1.      Bagaimana posisi awalan saat melakukan sikap gerak meroda?
2.      Bagaimana cara melakukan sikap gerak meroda?
3.      Bagaimana posisi tangan tumpuan, kaki dan badan saat melakukan sikap gerak meroda?






JUMLAH


JUMLAH SKOR MAKSIMAL 25



*Keteranagan: dalam kolom gambar tersebut diatas diisi dengan foto-foto model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi asli (diperagakan oleh pendidik)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar